7Cara Memelihara Ukhuwah.

Author: sc4ab // Category:
7Cara Memelihara Ukhuwah.

Dalam surat Al Hujurat Allah SWT memaparkan 7 cara bagi kita untuk menangkal virus-virus ukhuwah yang bisa menghancurkan shaf ukhuwah yang telah dibina. 7 cara tersebut iaitu :

1. Tabayyun
Tabayyun berarti mencari kejelasan maklumat dan mencari bukti kebenaran maklumat yang diterima. Allah SWT berfirman : "Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasiq membawa berita , maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (QS. 49 : 6).

2. 'Adamus Sukhriyyah
Artinya tidak memperolok-olokkan orang atau kelompok lain. Firman Allah SWT : "Wahai orang-orang yang beriman, janganlah satu kaum memperolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang memperolok-olokkan)." (QS. 49 : 11). Saat ini terdapat banyak kelompok atau organisasi dakwah. Harus kita sedari bahawa di antara kelompok-kelompok dakwah tersebut terdapat perbezaan yang berkaitan dengan prinsip mahupun tidak. Perbedaan dalam menentukan al-hadaful a'la (sasaran tertinggi) termasuk dalam masalah prinsip. Keadaan ini memancing suasana tanafus (persaingan) yang kadang bentuknya tidak sihat. Berhimpunnya kelompok-kelompok dakwah dan harakah yang ada di bumi sekarang ini adalah suatu mimpi indah. Sebagaimana yang ditulis DR. Yusuf Qardhawi, maka kesatuan wala' (loyalitas) dan tumbuhnya suasana ta'awun dalam menghadapi konspirasi para thaghut adalah sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Dan kalau pun hal ini belum terwujud karena ada beberapa hal yang belum dapat kita lakukan, maka tidak mampukah kita sekadar meninggalkan tradisi sukhriyyah dan perasaan ana khairun minhu (saya lebih baik daripadanya) seperti yang dinyatakan iblis???

3. 'Adamul Lamz
Maksudnya tidak mencela orang lain. Ini ditegaskan dengan firman-Nya : "Dan janganlah kamu mencela diri sendiri." Mencela sesama muslim, oleh ayat ini dianggap mencela diri sendiri, sebab pada hakikatnya kaum muslimin dianggap satu kesatuan. Apalagi jika celaan itu adalah masalah status dan standar kebendaan. Allah sendiri menyuruh Rasul dan orang-orang yang mengikutinya untuk bersabar atas segala kekurangan orang-orang mukmin. (Lihat QS. 18 : 28).

4. Tarkut Tanabuz
Yakni meninggalkan panggilan dengan sebutan-sebutan yang tidak baik terhadap sesama muslim. Ini berdasarkan firman Allah SWT : "Dan janganlah kamu saling memanggil dengan sebutan-sebutan (yang buruk)." (QS. 49 : 11). Tanabuz dalam bentuk yang paling parah adalah berupa pengkafiran terhadap orang yang beriman. Pada kenyataannya masih saja ada orang atau kelompok yang dengan begitu mudahnya menyebut kafir kepada orang yang tidak tertarik untuk masuk ke dalam kelompok tersebut.

bersambung.................

1 Response to "7Cara Memelihara Ukhuwah."

sc4ab Says :
June 25, 2009 at 10:16 PM

mcm perli ja..

Post a Comment